Wisata Gunung Prau Dieng

Kategori

Wisata Gunung Prau Dieng


Gunung Prau atau Prahu memanglah pendek, terkadang cuma dilirik mata sebelah oleh pendaki Indonesia, namun cobalah rasakan sensasi dalam pelukannya, gunung yang populer dengan sebutan Gunung Seribu Bukit.

Cuma mempunyai ketinggian 2. 565 mdpl, memanglah termasuk pendek serta tak populer seperti gunung2 di sekelilingnya, ada Sindoro, Sumbing, Slamet, Unggaran, dan lain-lain. Namun gunung ini mempunyai pesona sendiri yg tidak kalah dengan gunung2 yang lebih populer dikalangan pendaki Indonesia.

Lantaran bentuk gunung ini memanjang, jadi dengan cara administratif Gunung Prau yang ada di Dataran Tinggi Dieng ini mencakup lokasi Kab. Banjarnegara, Kab. Wonosobo, Kab. Batang serta Kab. Kendal. Di Campa reannya juga ada patok batas wilayahnya.

Gunung ini bisa ditempuh lewat sebagian Jalur Alternatif Pendakian. Melalui Jalur utara, dapat lewat Kabupaten Kendal, Seumpama dari Desa Kenjuran yang ada di Kecamatan Sukoreja. Jarak tempuh perjalanan lebih kurang 6 Jam.

Alternatif lain jalur pendakian dapat dikerjakan lewat Jalur selatan, yakni melalui Dataran Tinggi Dieng atau Desa Patak Banteng. Jalur inirelatif lebih singkat, cuma sekitaran 2-3 Jam perjalanan yang jalurnya lumayan terjal.

Track log di atas yaitu hasil tracking dari pertama start pendakian hingga turun. Untuk lebih detilnya saksikan di bawah tentang waypoint-waypoint yang ada pada track log di atas.

DESA PATAK BANTENG

Jalan sendirian dari Jakarta serta berjumpa mimin Reza di Wonosobo, jadi berdua saja kami lakukan pendakian ini.

Menuju Desa Patak Banteng bisa diraih dari kota Wonosobo dengan memakai bis kecil jurusan Wonosobo - Dieng. Jalur ini yang saya tentukan, mengingat jarak tempuh yang singkat untuk hingga ke camp areanya sekitaran 3 jam saja.


POS II

Kira2 jalan 1 jam yang tak ada bonusnya, sampailah di Pos II, keadaan pos tak ada bangunan berbentuk shelter maupun pondokan


POS III

Tak jauh dari Pos II sampailah di Pos III, keadaan sama dengan Pos II, tak ada bangunan. Dari Pos III ke camp Ruang telah tak jauh lagi serta jalurnya makin terjal, lumayan buat kuras tenaga yang kurang tidur nih.


CAMP AREA GUNUNG PRAU

Saya menyebutnya sekian, lantaran tempat berikut maksud paling utama beberapa pendaki, dari camp ruang ini kita bisa lihat tanpa ada rintangan (jika tak ada kabut) Gunung Sindoro Sumbing di depan mata, serta dari kejauhan Gunung Merapi & Merbabu.





  • 削除
    Wisata Gunung Prau Dieng